Health

6 Manfaat Sehat Kacang Hijau

GAYATREND.com – Tak hanya enak dinikmati sebagai bubur, kacang hijau juga memiliki beragam manfaat sehat unutk tubuh. Cocok dikonsumsi untuk diet dan lancarkan pencernaan.

Kacang hijau adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang mudah ditemui di Indonesia. Kacang ini berwarna hijau dengan ukuran yang kecil. Teksturnya empuk dan cukup berserat setelah diolah.

Di Indonesia, kacang hijau biasa dinikmati sebagai bubur manis. Ada juga yang mengolah kacang hijau menjadi sajian es. Atau diolah jadi pasta sebagai isian kue-kue tradisional.

Tak hanya menjadi olahan yang lezat, kacang hijau juga menyimpan beragam manfaat kacang hijau di antaranya baik untuk diet menurunkan berat badan hingga melancarkan pencernaan.

Berikut 6 manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh

1. Nutrisi Kacang Hijau

Sama seperti jenis kacang lainnya, kacang hijau juga memiliki kandungan protein yang tinggi. Dalam 200 gram kacang hijau rebus mengadung protein sebanyak 14,2 gram. Tak heran kalau kacang hijau kerap dipilih sebagai alternatif protein nabati.

Untuk jumlah kalorinya cukup rendah yaitu 212 kcal. Ada juga kandungan lemak sehat 0,8 gram, karbohidrat 38,7 gram, dan serat 15,4 gram. Tak hanya itu saja, kacang hijau juga mengadung folat, mangan, magnesium, vitamin B1, fosfor, iron, dan zinc.

2. Bisa Turunkan Berat Badan

Kacang hijau dengan kandungan protein yang tinggi dapat menjadi alternatif protein nabati. Sehingga cocok dikonsumsi untuk kamu yang sedang menjalani program diet vegan yang tak boleh mengonsumsi protein hewani.

Kandungan protein dan serat pada kacang hijau juga diketahui dapat membuatmu kenyang lebih lama. Sehingga dapat mencegahmu untuk menyantap camilan yang tidak sehat.

Protein juga diperlukan untuk regenerasi dan perbaikan sel-sel yang rusak. Kamu bisa menambahkan kacang hijau ini ke dalam pola makanmu setiap hari agar berat badanmu cepat turun.

3. Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Penderita diabetes memiliki pantangan makanan yang harus dihindari, terutama makanan yang tinggi gula. Salah satu alternatif makanan yang bisa dikonsumsi adalah kacang hijau.

Ini dikarenakan kacang hijau memiliki indeks glikemik yang rendah. Selain itu kandungan protein, magnesium, dan serat yang terdapat dalam kacang hijau juga dapat membantu menurunkan kadar insulin dan glukosa darah dalam tubuh penderita diabetes. Sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

4. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kacang hijau sangat baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki masalah kesehatan pencernaan. Karena kandungan serat pada kacang hijau sangatlah tinggi, jumlahnya mencapai 15,4 gram per 200 gram.

Kandungan serat yang terkandung dalam kacang hijau adlaah pektin. Yaitu sejenis serat larut yang dapat menjaga usus secara teratur dengan membantu pergerakan makanan yang mudah melalui usus dan saluran pencernaan.

Ada juga kandungan pati resisten yang fungsinya mirip dengan serat larut. Kandungan ini juga dapat membantu dalam mendorong pertumbuhan bakteri usus yang sehat. Kacang hijau juga mudah dicerna dibandingkan dengan jenis kacang lainnya.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi adalah keluhan umum yang dirasakan oleh orang tua. Hal itu dapat menempatkan mereka pada risiko penyakit jantung.

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, kamu bisa mengonsumsi kacang hijau secara rutin. Karena adanya kandungan kalium, magnesium, dan serat yang dapat membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

6. Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Ibu hamil diharuskan untuk menjaga pola makan agar bayi yang ada di dalam kandungan tetap sehat. Salah satu makanan sehat yang bisa dikonsumsi adalah kacang hijau.

Karena kacang hijau kaya akan folat yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam janin. Tak hanya itu, kacang hijau juga kaya akan zat besi dan protein yang dibutuhkan selama kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *