Health

Hindari 5 Hal Ini Setelah Makan

GAYATREND.com – Setiap makhluk hidup pasti membutuhkan makan, karena makan merupakan kebutuhan pokok agar kita mendapatkan energi untuk menjalankan aktivitas.

Namun, ada hal penting yang harus diperhatikan disaat kita baru selesai makan agar tubuh kita tidak terkena dampak kesehatan yang buruk.

Ada 5 kebiasaan yang kita lakukan setelah makan yang tidak baik bagi kesehatan.

1. Tidur

Tidur setelah makan merupakan aktivitas yang sebaiknya tidak pernah untuk dilakukan. Karena hal ini dapat memicu pada kesehatan yang sangat serius untuk tubuh.

2. Mandi

Kinerja pencernaan tubuh bisa terganggu jika mandi setelah makan. Karena perubahan suhu tubuh akan mengganggu proses pada pencernaan. Jika ingin mandi, sebaiknya beri jarak sekitar 30 menit setelah makan .

3. Olahraga

Beberapa orang beranggapan bahwa makan sebelum berolahraga dapat menambah energi tubuh. Namun kenyataanya, olahraga berat setelah makan dapat menyebabkan pencernaan terganggu. Perut akan sakit dan menjadi mual jika berolahraga terlalu berat. Sebaiknya perut diisi satu jam sebelum berolahraga jika memang benar-benar butuh makan terlebih dahulu.

4. Minum teh

Minum teh setelah makan menjadi kebiasaan beberapa orang. Padahal kebiasaan tersebut dapat menganggu organ pencernaan, karena daun teh memiliki sifat asam dan mempengaruhi kemampuan tubuh dalam mencerna makanan. Selain itu teh juga mengandung polifenol dan tanin yang mengikat zat besi yang membuatnya sulit diserap oleh tubuh.

5. Merokok

Nikotin yang terkandung dalam sebatang rokok, akan diserap dua kali lipat oleh tubuh dan memberi efek yang sangat berbahaya. Tembakau adalah bahan rokok yang dapat memblokir penyerapan vitamin dan mineral. Namun jika memang sulit menghentikan kebiasaan ini, setidaknya tunggulah 30 menit setelah makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *