News Tekno

Blackberry Resmi Tidak Berfungsi

GAYATREND.com – Ponsel keyboard BlackBerry resmi mengumumkan sistem operasi BlackBerry OS tak bisa lagi dioperasikan pada Selasa (4/2/2022).

“Perangkat yang menggunakan layanan dan perangkat lunak tersebut, apakah melalui penyedia layanan atau koneksi WiFi, tidak lagi benar-benar berfungsi,” kata BlackBerry pada lamannya, Selasa (4/1/2022).

Fungsi-fungsi utama Blackberrt seperti data internet, panggilan telepon, SMS hingga memanggil keluar 911 sudah tidak berfungsi lagi.

BlackBerry menyatakan alasan menghentikan karena pihaknya ingin memberikan layanan keamanan intelijen perangkat lunak bagi pelanggan perusahaan dan pemerintahan.

Sejarah Blackberry

BlackBerry adalah jenama telepon seluler yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon, sms, menjelajah internet, BlackBerry Messenger (BBM), dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya.

Penggunaan gawai canggih ini begitu fenomenal saat itu, sampai menjadi suatu kebutuhan untuk fashion. BlackBerry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999 oleh perusahaan Kanada, BlackBerry. Kemampuannya menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan telepon genggam hingga mengejutkan dunia.

BlackBerry pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan Desember 2004 oleh operator Indosat dan perusahaan Starhub.

Perusahaan Starhub merupakan pengejewantahan dari RIM yang merupakan rekan utama BlackBerry. Pasar BlackBerry kemudian diramaikan oleh dua operator besar lainnya di tanah air yakni Excelcom dan Telkomsel.

Akibat tuntutan pemerintah Indonesia, BlackBerry akhirnya membuka kantor perwakilan di Indonesia pada November 2010.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *