Health Lifestyle

Camilan Sehat Untuk Diabetes

GAYATREND.com – Camilan bagi diabetesi sesungguhnya dapat menjadi bagian dari pola makan sehat setiap hari. Kuncinya adalah memilih jenis camilan yang sehat dengan porsi yang terkontrol. Diabetesi bisa memilih camilan yang tidak menyebabkan kenaikan kadar gula darah secara drastis dengan porsi dan kalori yang terkontrol melalui cara berikut.

Pertama, pilih camilan dengan kalori terkontrol. Sebagai selingan di antara waktu makan, jangan sampai camilan tinggi kalori malah menyebabkan asupan kalori harian melonjak. Selain itu, penting juga untuk memerhatikan porsi camilan yang dikonsumsi. Anda bisa menghindari ngemil langsung dari kemasan besar, atau ngemil sembari melakukan aktivitas lain (misalnya sambil bekerja atau menonton).

Tak kalah penting, hindari camilan yang tinggi gula, garam, dan lemak. Camilan yang tinggi gula dan lemak cenderung tinggi kalori tanpa nilai gizi yang sepadan, serta rentan menyebabkan kenaikan berat badan, tapi rendah nutrisinya.

Sebagaimana diketahui, asupan gula dan lemak yang berlebih juga dapat mengganggu kontrol gula darah. Ditambah lagi, asupan lemak berlebih (terutama lemak jenuh atau lemak jahat) berkaitan erat dengan masalah kolesterol dan risiko penyakit jantung pada diabetesi.

Lalu, bagaimana dengan garam? Diketahui, asupan garam berlebih erat kaitannya dengan penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi). Penyakit ini juga dapat meningkatkan risiko komplikasi pembuluh darah pada diabetesi sehingga ada baiknya untuk menghindari garam berlebih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *