Megapolitan Travel

Tips Memilih Kursi Kereta Ekonomi yang Nyaman Saat Mudik

GAYATREND.com – Tradisi mudik lebaran sudah di depan mata. Buat Anda yang memilih pulang kampung menggunakan kereta api, ada beberapa tips memilih kursi kereta ekonomi yang bisa dipraktikkan.

Posisi tempat duduk ini bisa memberi kenyamanan lebih maksimal. Sebab tempat duduk yang tidak nyaman akan membuat Anda cepat bosan dalam perjalanan.

Berikut tips memilih kursi kereta ekonomi untuk mudik Lebaran 2022, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

o Pilih tempat duduk dekat jendela

Perjalanan yang panjang dan lama sering kali membuat penumpang bosan. Nah, tempat duduk yang dekat dengan jendela akan membuat suasana lebih menyenangkan.

Anda bisa melihat pemandangan di luar kereta. Kalau melakukan perjalanan di siang hari, hamparan sawah yang hijau bakal menemani perjalanan mudik. Panorama indah sepanjang perjalanan dijamin mengalihkan perasaan bosan.

Supaya bisa menikmati view cantik ini, sebaiknya pilih tempat duduk dekat jendela dengan nomor baris A atau D. Duduk dekat jendela juga memudahkan untuk mengisi daya baterai ponsel, karena colokan dan soket listrik berada di bawah meja yang terpasang di bawah jendela.

o Pilih tempat duduk sesuai arah laju kereta

Untuk kereta kelas ekonomi dan bisnis, tempat duduknya tidak bisa diubah seperti kelas eksekutif. Memilih tempat duduk sesuai arah laju kereta itu susah-susah gampang.

Padahal, tempat duduk yang tidak sesuai dengan arah laju kereta menimbulkan rasa pusing dan mual. Apalagi jika anda jarang naik kereta api.

Semisal naik kereta menuju arah barat, misalnya dari Yogyakarta menuju Jakarta, kursi yang sesuai laju kereta adalah nomer 1 hingga 11. Untuk menghindari guncangan sebaiknya pilih tempat duduk di bagian tengah, yakni kursi nomor 11 dan 12.

Posisi ini akan menghindarkan Anda dari kebisingan. Terutama saat pintu akses antar gerbong dibuka dan ditutup.

o Hindari tempat duduk dekat bordes dan toilet

Bordes atau sambungan gerbong biasanya berdekatan dengan toilet. Ketika duduk disini Anda bisa dengan mudah mencium bau tidak sedap dari toilet. Ada juga suara bising suara pintu sambung gerbong yang dibuka-tutup akibat penumpang atau petugas kereta yang lalu lalang.

o Sorotan cahaya matahari

Buat Anda yang tidak ingin tersorot sinar matahari, bisa memilih kode tempat duduk sisi lorong, yaitu kode C. Biasanya, kode tempat duduk A dan E terpapar sinar matahari cukup kuat.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *