Health Megapolitan

Rayakan Hari Anak Nasional, KlikDokter Selenggarakan Edukasi dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Sekolah Dasar

GAYATREND.com – Kesehatan menjadi salah satu isu penting pada momen Hari Anak Nasional tahun ini. Setelah era pandemi COVID-19 yang juga berdampak pada anak-anak, kini merebak pula ancaman hepatitis akut yang banyak menyerang para balita. Penyakit misterius yang terdeteksi sejak akhir 2021 ini telah menyebar ke seluruh dunia dan beberapa kasus suspek juga telah teridentifikasi di Indonesia.

Melihat kondisi ini sekaligus bertepatan dengan momen Hari Anak Nasional, KlikDokter menyelenggarakan aktivitas sosial bertajuk Indonesia #JagaSehatmu Bareng KlikDokter di dua sekolah dasar di Serang, Banten. Kegiatan ini juga merupakan salah satu misi keberlanjutan KlikDokter untuk terus berupaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia, yang dimulai dari generasi anak.

“Kami meyakini untuk membentuk suatu kebiasaan atau gaya hidup sehat harus dimulai sejak dini. Inilah yang menjadi tujuan utama kami dalam menyelenggarakan kegiatan edukasi dan pemeriksaan kesehatan di sekolah-sekolah dasar. Di mana kami ingin mengajak anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa, untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat agar mereka dapat mewujudkan segala mimpinya di masa depan dengan kondisi kualitas kesehatan lebih baik lagi,” jelas Mia Argianti selaku VP Marketing KlikDokter.

Dua sekolah dasar yang menjadi lokasi kegiatan KlikDokter kali ini, yakni SD Negeri Pamanuk 2 dan SD Negeri Carenang 3. Kegiatan hari pertama di SD Negeri Pamanuk 2 diikuti oleh 68 orangtua murid dan sekitar 100 murid. Pada hari kedua, kegiatan diadakan di SD Negeri Carenang 3 yang diikuti oleh 110 orangtua murid dan sekitar 100 siswa.

Rangkaian acara ini mendapatkan antusiasme tinggi dari segenap murid, guru, maupun orangtua murid. Seperti yang disampaikan Kepala Sekolah SD Negeri Pamanuk 2 Imam Nawawi yang mengungkapkan kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan yang diselenggarakan berdampak sangat positif bagi orang tua dan murid. “Terutama untuk edukasi kesehatan kepada para orang tua murid. Di samping itu, pemeriksaan untuk anak dan orangtua juga sangat bermanfaat, untuk mengetahui kondisi kesehatan mereka, sehingga lebih paham untuk ke depannya,” ucap Imam.

Manfaat itu dapat dirasakan oleh Raini Pratiwi selaku orangtua murid kelas 6 SD Negeri Pamanuk 2, yang turut mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan KlikDokter. “Dengan adanya kegiatan ini, kami tuh jadi lebih paham tentang kesehatan, seperti info mengenai mengonsumsi gizi seimbang dan juga mencuci tangan. Anak-anak pun jadi lebih paham dalam menjaga kebersihan. Semoga kegiatan seperti ini bisa diselenggarakan lagi di masa yang akan datang, ” ucapnya.

Agenda kegiatan dimulai oleh seminar dengan tema “Pentingnya Menjaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat”. Selanjutnya para peserta, baik orang tua dan murid, berkesempatan mendapat pemeriksaan kesehatan gratis. Selain pemeriksaan kesehatan umum, peserta juga diberi layanan skrining Hepatitis A. Sebelum pulang, para peserta juga mendapatkan bingkisan yang berisi produk makanan dan minuman sehat.

Kegiatan edukasi serta pemeriksaan kesehatan ini merupakan tahap awal untuk meningkatkan kesadaran di masyarakat, khususnya anak-anak, bahwa begitu pentingnya menjaga kesehatan dan mencegah sebelum mengobati.

“KlikDokter berharap rangkaian kegiatan Indonesia #JagaSehatmu Bareng KlikDokter dapat berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang sehat bagi anak. Dengan begitu, Indonesia akan memiliki generasi yang tumbuh kuat serta aktif, cerdas dan ceria,“ tutup Mia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *