Health Lifestyle

Manfaat Jamur Enoki yang Jarang Diketahui

GAYATREND.com – Mengenali manfaat jamur enoki untuk kesehatan tubuh yang telah terbukti khasiatnya secara klinis. Oleh karena itu, manfaat jamur enoki cukup menarik perhatian untuk diketahui.

Jamur enoki atau flammulina velutipes merupakan salah satu jamur yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Jamur berwarna putih yang mirip dengan tauge ini mengandung sumber antioksidan ergothioneine dan antioksidan hidrofilik yang baik untuk kesehatan, salah satunya meningkatkan imun.

Selain itu, jamur enoki juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh sebab itu, manfaat jamur enoki untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi.
Kandungan nutrisi yang terkandung dalam jamur enoki di antaranya seperti serat, karbohidrat, kalium, zat besi, magnesium, vitamin D dan masih banyak lagi.

Lalu ada manfaat apalagi yang didapat jika kamu rutin mengonsumsi jamur enoki? Simak di bawah ini ya, manfaat jamur enoki untuk kesehatan yang jarang diketahui

Lantas apa saja manfaat jamur enoki untuk kesehatan?
Melansir dari Global Healing, berikut beberapa manfaat jamur enoki untuk kesehatan tubuh yang menarik diketahui:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Salah satu manfaat jamur enoki untuk kesehatan tubuh yang paling mengesankan di antaranya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat otomatis mampu menangkal berbagai radikal bebas yang membahayakan kesehatan.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat jamur enoki untuk kesehatan tubuh selanjutnya yaitu mampu menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, mengkonsumsi jamur enoki mampu mengontrol tekanan darah, menurunkan kolesterol jahat dan berbagai gejala penyakit serta serangan jantung.

3. Melindungi Hati
Tak berhenti disitu, mengkonsumsi jamur enoki juga baik untuk melindungi hati. Jamur enoki mempunyai senyawa yang mampu mengurangi kolesterol jahat dan lemak dalam hati yang bisa menimbulkan penyakit lemak.

4. Mencegah Peradangan Kronis
Manfaat jamur enoki untuk kesehatan tubuh selanjutnya yaitu juga mampu mencegah peradangan kronis. Hal tersebut dikarenakan jamur enoki mengandung sifat antiinflamasi yang mampu membantu menyembuhkan peradangan.

5. Meningkatkan Mood
Manfaat jamur enoki untuk kesehatan tubuh ini juga tak kalah hebat dan tidak terduga. Pasalnya, jamur enoki kaya akan polisakarida yang berperan aktif meningkatkan suasana hati dan mood menjadi lebih baik.
Selain itu, jamur enoki juga mampu meningkatkan fungsi otak dan mendukung daya ingat lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *