Health

Jakut Raih Rekor MURI Donor Darah di Bulan Ramadan

GAYATREND.com – Jakarta Utara memecahkan Rekor MURI dalam perolehan donor darah terbanyak dalam bulan ramadan. Sebanyak 2700 kantong darah berhasil dihimpun melalui kegiatan Donor Darah Sukarela (Dondarela) kantong darah ramadan yang diselenggarakan Palang Merah Indonesia (PMI) di GOR Sunter, Jakarta Utara sejak Sabtu (24/04/2021) hingga Kamis (29/04/2021).

Saat penyerahan piagam penghargaan dari Museum Rekor Dunia – Indonesia kepada Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim disaksikan langsung oleh Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla, Ketua PMI Provinsi DKI Jakarta, Rustam Effendi, Anggota Dewan Kehormatan PMI Provinsi DKI Jakarta, Andreas Sofiandi dan jajaran terkait lainnya.

“Kebutuhan darah itu tidak melihat waktu selalu sama. Jakarta setiap harinya membutuhkan seribu kantong darah. Terima kasih semuanya apalagi di bulan ramadan ini sangat bagus dan penting untuk melaksanakan kegiatan donor darah karena memenuhi kebutuhan masyarakat luas,” jelas Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla usai menghadiri acara penyerahan piagam Rekor MURI di GOR Sunter, Kamis (29/04/2021) malam.

Keterlibatan semua unsur di wilayah Jakarta Utara untuk mendukung ketersediaan stok darah PMI patut diapresiasi dan dibuktikan dengan hasil perolehan kantong darah yang melebihi target dari 2.500 menjadi 2700. Sedangkan lokasi kegiatan donor darah di GOR Sunter telah menerapkan ketentuan protokol kesehatan COVID-19 dan sesuai prosedur proses pengambilan darah.

“Intinya, bukan di Rekor MURI nya saja tapi sumbangsih semaksimal mungkin untuk menyumbangkan darah. Para pendonor terdiri dari ASN, PJLP, pengelola RPTRA, PKK, PPSU, Karang Taruna dan semuanya turun untuk partisipasi. Dikarenakan calon pendonor begitu antusias maka kegiatan Dondarela yang rencananya lima hari menjadi enam hari dan sekarang sudah mencapai 2700 kantong darah bahkan bisa bertambah hingga 3000 karena kegiatan masih berjalan,” terang Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengapresiasi para pengusaha yang ikut berkontribusi dalam pemberian bantuan bingkisan bagi para pendonor. “Semua berkolaborasi dan bergerak untuk mendukung ketersediaan stok darah di PMI Provinsi DKI Jakarta. Donor darah di bulan ramadan sebagai sumbangsih sekaligus meningkatkan amal ibadah,” ujar Wali Kota didampingi Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Utara, Wawan Budi Rohman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *