Health Lifestyle

5 Tanda Awal Ketika Terpapar Omicron

GAYATREND.com – Kasus Covid-19 varian omicron dominan di sejumlah negara. Gejala omicron dirasa seperti flu biasa dan dianggap cukup ringan. Tapi bagi orang yang belum divaksinasi, omicron bisa sangat parah.

“Varian omicron bertindak lebih seperti virus corona biasa, seperti yang menyebabkan flu,” ujar dokter penyakit menular NYU Langone Health, dr Stephanie Sterling seperti dilansir di laman Eat This Not That!, Selasa (15/2/2022).

Menurut beberapa ahli, berikut lima tanda awal gejala omicron yang dirasakan di tubuh ketika pertama kali terpapar:

1. Sakit Tenggorokan

Menurut Komisaris Kesehatan Masyarakat Departemen Chicago, dr Allison Arwady, sakit tenggorokan adalah menjadi tanda awal yang paling umum dari omicron.

“Khususnya orang-orang yang merasakan gejala lebih ringan, kita pasti melihat sakit tenggorokan menjadi prediktor dalam kelompok itu,” ungkap dr Arwady.

2. Batuk

Batuk menjadi gejala umum kedua dari varian omicron, gejalanya juga mirip dengan pilek yang parah.

“Batuk dan kelelahan juga terus menjadi gejala umum bagi orang dengan omicron. Ada yang mengatakan gejala omicron lebih ke paru-paru bagian atas,” kata ahli kedokteran Michigan, Laraine Washer.

3. Hidung Tersumbat

Bagi yang sudah divaksinasi omicron tampaknya memiliki gejala yang relatif ringan, termasuk gejala saluran pernapasan atas atau pilek, seperti hidung tersumbat, bersin, dan sakit tenggorokan, serta sakit kepala.

4. Gejala Seperti Dingin

Gejala berikutnya adalah seperti demam, batuk, dan kehilangan penciuman sedikit lebih jarang dan hanya dialami pasien varian delta.

5. Kelelahan

Kelelahan adalah gejala yang terkenal dari long Covid, itu juga merupakan indikator kuat jika anda terpapar Omicron.

“Laporan menunjukkan bahwa pasien di Afrika Selatan (ada yang masih usia muda) mengalami kelelahan parah, tetapi tidak kehilangan rasa atau penciuman,” kata pulmonolog Yale Medicine, Lauren Ferrante.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *