Megapolitan

Sampoerna Academy bersama Teenpreneur Almeyda Nayara Dorong Minat dan Bakat Anak Berwirausaha

GAYATREND.com – Berdasarkan data Global Entrepreneurship Index 2019, jumlah pengusaha di Indonesia meningkat dari yang sebelumnya hanya sebesar 1,67% menjadi 3,10% dari total jumlah penduduk Indonesia yang saat ini sebanyak 225 juta jiwa. Penciptaan wirausaha muda atau milenial inovatif menjadi sangat penting karena membantu menurunkan jumlah pengangguran dan meningkatkan perekonomian.

Tidak sedikit pengusaha muda yang berhasil mencapai kejayaan saat usia masih remaja, bahkan saat masih di sekolah dasar. Salah satunya Almeyda Nayara atau yang lebih dikenal dengan Naya Slime yang memulai bisnis di usia 9 tahun hingga saat ini sudah mencapai omzet puluhan juta setiap bulannya.

Dalam webinar bertajuk The Importance of Entrepreneurship Skill for Kids tersebut, Naya mengutarakan bahwa awal mula terinspirasi menjalankan bisnis karena adanya program Entrepreneur Day di sekolah.

“Dengan adanya Entrepreneur Day, saya menyadari bahwa berwirausaha berarti melihat adanya kesempatan baru. Di saat teman-teman lain menjual makanan, alat tulis, saya mencoba untuk menjual pilihan produk berbeda dari yang lain. Pada akhirnya saya memilih produk mainan slime. Ternyata produk ini mendapat respon positif dari teman-teman,” ungkapnya.

Dalam berwirausaha, Naya menegaskan selain memerlukan kreativitas, inovasi dan integritas, perlu untuk belajar mengelola keuangan. Naya membagikan tips dalam mengelola keuangan bisnisnya,

“Saya menerapkan cara yang disebut 4 post. Misalnya, dari keuntungan 100% akan saya bagi untuk membayar listrik dan karyawan. Setelah itu, sisanya akan saya bagi ke empat post biaya, 25% untuk tabungan masa depan, 25% untuk charity, 25% untuk beli bahan baku, kemudian 25% untuk biaya tak terduga lainnya.”

Tidak selalu berjalan mulus, Naya juga pernah mendapatkan pengalaman kurang menyenangkan, terutama di era pandemi. Menghadapi tantangan ini, Naya harus menutup tiga offline store dan mengurangi pegawai. Namun hal ini tidak membuat Naya putus asa.

“Saya menjadikan keadaan saat ini sebagai perjalanan dan pelajaran dalam menjalankan bisnis. Tidak hanya itu, keadaan ini membuat saya belajar lebih banyak, seperti meningkatkan kualitas produk dan membuat inovasi baru dari produk. Jadi saya bukannya menyerah, tetapi mencari jalan keluar dari keadaan ini, sehingga tetap bisa bertahan dan bangkit lagi,” ungkapnya.

Naya juga membagikan tips dan trik memulai sebuah usaha, “Untuk memulai sebuah usaha kita tidak boleh takut untuk mencoba dan memulai. Kita bisa memulai dengan mencari peluang atau kesempatan, kemudian harus yakin dan percaya diri mengenai keunggulan produk yang kita punya.”

Maharsi Palupining Rini selaku National Principal of Sampoerna Academy Surabaya mengatakan, “Sampoerna Academy juga memiliki kegiatan berwirausaha yang disebut sebagai Business Week. Kegiatan ini dilakukan agar siswa mampu untuk menganalisa dan berpikir inovatif melihat kesempatan berwirausaha. Kompetensi siswa diasah untuk memiliki integritas, pikiran terbuka, inovasi, bahkan siswa menjadi mampu untuk bekerjasama (teamwork) sejak dini. Hal ini sesuai dengan nilai-nilai Integrity, Growth Mindset, Nobility, Innovation, Teamwork, dan Excellence (IGNITE) yang diterapkan oleh Sampoerna Academy ke seluruh murid.”

Webinar The Importance of Entrepreneurship Skill for Kids merupakan bagian dari EduFest 2022 yang diselenggarakan sebagai ajang bagi para orang tua untuk mendapatkan panduan dalam mencari pendidikan terbaik bagi buah hatinya, hingga pada akhirnya generasi muda kita dapat memiliki masa depan lebih cerah.

“Naya menunjukkan bahwa kesempatan untuk menjadi pengusaha tidak memiliki batasan umur. Mempelajari wirausaha sejak dini bisa diterapkan mulai dari lingkungan rumah dan sekolah. Tidak hanya itu, melalui webinar EduFest 2022 ini juga diharapkan bisa membantu para orang tua untuk menemukan cara memperkenalkan atau mengembangkan keahlian, serta bisa mendapatkan tips dan trik untuk mendukung minat dan bakat anak sebagai wirausaha,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *