Health Lifestyle

Cara Menurunkan Kolesterol Saat Lebaran

GAYATREND.com – Momen lebaran, biasanya makanan yang disajikan dengan makanan tinggi kolesterol. Padahal, kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa menyebabkan berbagai permasalahan pada kesehatan.

Walaupun tubuh membutuhkan beberapa kolesterol untuk bekerja dengan baik. Namun, kadar kolesterol tubuh yang terlalu tinggi bisa memicu penyempitan dan penyumbatan pada arteri.

Ada lima cara untuk menurunkan kadar kolesterol, berikut hal yang harus dilakukan seperti dirangkum dari berbagai sumber:

1. Tingkatkan asupan serat larut

Serat larut dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah Anda. Serat larut ditemukan dalam makanan seperti oatmeal, kacang merah, kubis, apel dan pir

2. Konsumsi makanan kaya akan asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 tidak mempengaruhi kolesterol jahat di tubuh.Asam lemak omega 3 justru bermanfaat untuk kesehatan jantung , termasuk mengurangi tekanan darah.

Untuk mendapat asupan asam lemak omega 2, Anda bisa mengonmsi salmon, mackerel, herring, walnut, dan biji rami.

3. Perbanyak olahraga

Aktivitas fisik sedang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik di tubuh.Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa berolahraga minimal 30 menit lima kali seminggu atau aktivitas aerobik yang kuat selama 20 menit tiga kali seminggu.

4. Perbanyak sayuran

Untuk menurunkan kadar kolesterol, cobalah membatasi asupan daging merah dan kerang, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda.Anda bisa memperbanyak asupan sayur seperti kacang-kacangan, polong-polongan, dan bayam yang ampuh turunkan kadar kolesterol dan mengandung protein tinggi.

5. Atasi stres

Stres bisa datang kapan saja, termasuk di momen lebaran.

Padahal, stres menghasilkan hormon yang meningkatkan tekanan darah, detak jantung, serta risiko serangan jantung dan stroke.

Lakukan yang terbaik untuk mengatasi stres melalui meditasi, yoga, jurnal, terapi, dan teknik manajemen lainnya.

Cara ini bisa membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, termasuk menyeimbangkan kadar kolesterol Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *