Megapolitan

Peneliti Temukan Pola Gelombang Otak Terkait Perilaku Sosial

GAYATREND.com – Para peneliti di Universitas Tohoku dan Universitas Tokyo, Jepang, telah menemukan pola gelombang listrik di otak yang berhubungan dengan perilaku sosial pada tikus. Mereka juga mengamati bahwa tikus yang menunjukkan tanda-tanda stres, depresi, atau autisme tidak memiliki gelombang otak ini.

Korteks prefrontal medial (mPFC) dan daerah amigdala otak adalah bagian yang mengatur emosi kita, dan mengalami perubahan patologis ketika kita mengalami penyakit kejiwaan. Namun, proses rinci pada saraf di balik hal ini masih belum jelas.

Takuya Sasaki dari Sekolah Pascasarjana Ilmu Farmasi Universitas Tohoku memimpin tim kolaboratif yang merekam sinyal listrik otak—yang disebut gelombang listrik otak—di area mPFC dan amigdala tikus. Mereka menemukan bahwa gelombang otak tertentu mengalami variasi yang nyata ketika tikus berinteraksi secara sosial satu sama lain. Secara khusus, gelombang otak pada pita frekuensi theta (4-7 Hz) dan gamma (30-60 Hz) masing-masing menurun dan meningkat selama bersosialisasi, seperti dikutip dari situs Universitas Tohoku, Minggu (26/6/2022).

Ketika tes yang sama diterapkan pada tikus yang menunjukkan keterampilan sosial yang buruk atau gejala depresi dan autisme, gelombang otak tersebut tidak muncul. Namun, ketika gelombang otak yang terkait perilaku sosial ini direplikasi secara artifisial dengan teknik manipulasi optik dan genetik dalam model tikus patologis ini, kemampuan mereka untuk berinteraksi secara sosial menjadi pulih.

“Temuan ini memberikan pemahaman terpadu tentang aktivitas otak yang mendasari perilaku sosial dan defisitnya dalam penyakit,” kata Sasaki.

Ke depan, Sasaki ingin sekali mengidentifikasi mekanisme dasar dinamika saraf dalam gelombang otak ini dan mengevaluasi keterlibatan wilayah otak lain dalam perilaku sosial. Dalam hubungan dengan penelitiannya, dia sedang menyelidiki apakah mekanisme otak yang sama bekerja pada manusia untuk aplikasi klinis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *