Megapolitan

Anak Muda Cenderung Menyukai Produk Costum Unik

GAYATREND.com – Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mengatakan semangat untuk membangun brand lokal harus terus ditumbuhkan dan diperkuat. Sebab saat ini anak-anak muda cenderung menyukai produk-produk custom unik ketimbang brand-brand dunia.

“Ini peluang besar bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM),” kata MenKopUKM Teten Masduki pada acara Festival Cengkok Karya Mandiri, di Tangerang, Minggu (31/7/2022).

Di acara pameran UMKM, ia juga mengajak masyarakat untuk terus menarasikan kualitas produk lokal yang sehat, bagus, dan bersaing dengan brand-brand besar kelas dunia.

“Ini sudah eranya menggunakan media sosial. Masyarakat yang membangun narasinya sendiri lewat Medsos terkait produk UMKM brand lokal,” ujar Teten.

Oleh karena itu, pihaknya sangat mendukung langkah Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar untuk membangun Dapur Bersama Produksi UMKM di Desa Cengkok.

“Dengan membangun Rumah Produksi Bersama atau ‘Factory Sharing’ agar memudahkan mendapat izin edar dari BPOM. Sehingga, bisa lebih luas wilayah pasarnya,” ucap Teten menjelaskan.

Dan agar lebih produktif lagi, Menteri Teten mendorong para pelaku usaha mikro untuk berkoperasi.

“Jadi, penyediaan alat produksi bersama itu bisa melalui koperasi,” kata Teten.

MenKopUKM pun mengakui, eksistensi brand-brand lokal memang harus ditata ulang.

“Adanya ‘factory sharing’ itu untuk memperkuat produktivitas dan kualitas produk dengan brand lokal yang tidak terlalu banyak,” ujarnya menambahkan.

Ia mendorong setiap daerah memiliki produk unggulan masing-masing.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyebutkan bahwa saat ini persaingan dunia usaha semakin tinggi. Oleh karena itu, dirinya mengajak seluruh masyarakat, khususnya warga Desa Cengkok untuk meningkatkan kualitas SDM.

Selain itu, Bupati Tangerang juga mengajak masyarakat untuk memperkuat literasi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk UMKM dan berbasis kearifan lokal.

“Karena kebanyakan produk UMKM di Desa Cengkok didominasi makanan dan minuman atau kuliner, maka saya mendukung perlunya dibangun satu Dapur Bersama, untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas produk UMKM,” ujar Zaki.

Bagi Zaki, dengan terus memberi semangat berinovasi produk daerah (UMKM dan ekonomi kreatif) berbasis kearifan lokal, maka akan bisa turut berperan dalam memperkuat ketahanan ekonomi nasional.

“Dengan begitu, kita bisa menghindarkan diri dari dampak resesi global,” ucap Zaki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *