Health Lifestyle

Waktu Terbaik untuk Olahraga Jogging

GAYATREND.com – Jogging termasuk sebagai jenis olahraga yang dapat dilakukan oleh setiap orang. Sebab, olahraga ini dianggap ringan karena bisa dilakukan dengan berjalan atau lari kecil.

Namun, waktu terbaik untuk melakukan olahraga ini masih menjadi perdebatan. Sebab, kebanyakan orang berpikiran kalau jogging paling baik dilakukan di pagi hari.

Sebenarnya olahraga jogging bisa dilakukan pagi dan sore hari. Sebab, dilakukan pada pagi atau sore hari, keduanya sama-sama memiliki manfaatnya bagi tubuh.

Berikut adalah penjelasan mengenai manfaatnya yang dirangkum pada Halodoc, Sabtu (28/1/2023).

1. Jogging di Pagi Hari

Idealnya, waktu di pagi hari yang tepat untuk jogging adalah pukul 05.30 hingga 07.00 WIB. Tetapi anda juga masih dapat melakukannya pada pukul 08.00 hingga 09.00 WIB.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Medicine and Science in Sports and Exercise mengevaluasi bagaimana wanita merespons makanan setelah berolahraga di pagi hari. Partisipan studi ini dibedakan menjadi dua golongan yaitu mereka yang memiliki berat badan sehat, dan mereka yang obesitas.

Ketika kedua kelompok tersebut berjalan cepat selama 45 menit, mereka tidak terlalu terganggu oleh foto makanan yang tampak lezat. Dibandingkan dengan mereka yang tidak berolahraga sama sekali.

Berdasarkan aktivitas pagi ini, pada hari-hari para peserta berolahraga di pagi hari. Mereka juga meningkatkan aktivitas fisik mereka sepanjang hari lebih banyak daripada hari-hari mereka tidak berolahraga di pagi hari.

Manfaat tambahan dari berolahraga di pagi hari termasuk peningkatan metabolisme. Artinya anda akan terus membakar kalori sepanjang hari.

2. Jogging di Sore Hari

Meskipun sepertinya pagi hari adalah waktu yang ideal untuk berolahraga, berolahraga di sore hari juga tidak ada salahnya. Idealnya anda bisa melakukannya pada sore hari yaitu pukul 16.30 hingga 18.00 WIB.

Satu studi menemukan bahwa kemampuan tubuh untuk bergerak secara dinamis akan lebih maksimal di sore hari. Sebab, suhu tubuh akan meningkat sepanjang hari, hal ini membuat tubuh dapat mengoptimalkan fungsi dan kekuatan otot.

Serta mengoptimalkan aktivitas enzim, dan memiliki daya tahan yang lebih tinggi. Selain itu, kinetik pengambilan oksigen lebih cepat di malam hari, yang berarti anda bisa menggunakan energi secara lebih lambat.

Sebaliknya, berolahraga di pagi hari juga bisa memerlukan tambahan pemanasan tambahan untuk rutinitas, yang bisa menghilangkan fokus latihan. Selain itu, pada sore dan malam hari, waktu reaksi tubuh dianggap paling cepat.

Sehingga cocok untuk melakukan olahraga seperti latihan interval intensitas tinggi (HIIT). Sore hari juga merupakan saat detak jantung dan tekanan darah paling rendah dan juga dapat mengurangi kemungkinan cedera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *