Food And Beverage

Kwalitas Rasa Kopi Dipengaruhi Perubahan Iklim

GAYATREND.com – Secangkir kopi yang enak di pagi hari bisa menjadi kebahagiaan yang sederhana. Namun, saat kecerahan suasana pagi Anda menghilang karena aroma-aroma yang akrab dengan penciuman Anda sedikit memudar, mungkin itu bukan berasal dari saat biji kopi dipanggang atau digiling, tetapi dari kondisi pertumbuhannya.

Sebuah tinjauan penelitian baru mengatakan bahwa kualitas kopi rentan terhadap pergeseran faktor lingkungan yang terkait dengan perubahan iklim. Kajian tersebut, yang dipimpin para peneliti dari Friedman School of Nutrition Science and Policy di Tufts dan Montana State University, juga menemukan bahwa beberapa strategi adaptasi saat ini untuk memerangi efek ini memberikan harapan dengan hasil positif.

“Secangkir kopi di bawah standar memiliki implikasi ekonomi serta sensorik. Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi kopi berdampak besar pada minat pembeli, harga kopi, dan pada akhirnya mata pencaharian petani yang menanamnya,” kata Sean Cash, seorang ekonom dan Profesor Bergstrom Foundation dalam Nutrisi Global di Sekolah Friedman dan penulis senior studi tersebut, yang diterbitkan dalam Frontiers in Plant Science.

“Dampak perubahan iklim pada tanaman telah menyebabkan gangguan ekonomi dan politik di banyak bagian dunia,” katanya. “Jika kita dapat memahami ilmu dari perubahan ini, kita dapat membantu petani dan pemangku kepentingan lainnya mengelola produksi kopi dengan lebih baik dalam menghadapi tantangan ini dan masa depan.”

Dalam analisis mereka, para peneliti melihat efek dari 10 faktor lingkungan umum dan kondisi manajemen yang terkait dengan perubahan iklim dan adaptasi iklim, masing-masing, dalam 73 artikel yang diterbitkan, seperti dikutip dari Tufts University, Health Sciences Campus, Rabu (28/10/2021).

Tren paling konsisten yang ditemukan tim adalah bahwa pertanian di ketinggian yang lebih tinggi dikaitkan dengan rasa dan aroma kopi yang lebih baik, sementara terlalu banyak paparan cahaya dikaitkan dengan penurunan kualitas kopi. Sebuah sintesis bukti menemukan bahwa kualitas kopi juga rentan terhadap perubahan karena tekanan air dan peningkatan suhu dan karbon dioksida, meskipun penelitian lebih lanjut tentang faktor-faktor khusus ini diperlukan.

Beberapa upaya saat ini untuk mengurangi dampak perubahan iklim, termasuk manajemen naungan untuk mengontrol paparan cahaya, pemilihan dan pemeliharaan tanaman kopi liar tahan iklim, dan pengendalian hama, menunjukkan harapan dan kelayakan, tetapi solusi inovatif untuk mendukung pertumbuhan biji di semua ketinggian perlu untuk dirancang, kata tim.

“Strategi ini memberikan harapan bahwa kualitas kopi dapat dipertahankan atau ditingkatkan dan pada akhirnya akan membantu petani mempertimbangkan bagaimana merancang intervensi berbasis bukti untuk mendukung pertanian mereka,” kata Selena Ahmed, seorang ahli etnobotani di Food and Health Lab di Montana State University, yang sebelumnya adalah sarjana postdoctoral dalam program Tufts IRACDA. “Dampak ini pada tanaman penting untuk dipelajari secara umum, bukan hanya untuk kopi. Sistem pangan kita mendukung ketahanan pangan, nutrisi, dan kesehatan kita.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *