Health

Pencapaian Vaksinasi Pada Lansia Masih Jauh dari Harapan

GAYATREND.com – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengungkapkan baru 25 persen dari kelompok masyarakat rentan yang telah divaksinasi lengkap.

“Baru sekitar 25 persen dari kelompok masyarakat rentan yang divaksinasi lengkap. Dan baru 50 persen dari target 141.211.181 warga rentan dan umum yang sudah vaksin pertama,” ujar Reisa saat konferensi pers PPKM, Rabu (27/10/2021).

Sementara pada vaksinasi anak-anak berusia 12-17 tahun, baru sekitar 3,1 juta anak-anak yang telah divaksin lengkap dan sebanyak 3,8 juta yang baru mendapatkan dosis pertama.

Reisa juga menyoroti capaian vaksinasi pada kelompok lansia yang masih rendah. Dari 21,5 juta lansia yang menjadi target vaksinasi, baru sekitar 23,7 persen atau sekitar 5,1 juta yang mendapatkan vaksin lengkap serta baru sekitar 38 persen atau 8,2 juta yang mendapatkan dosis pertama.

“Masih jauh dari harapan kita semua. Karna lansia adalah kelompok pertama yang kita vaksinasi sejak awal tahun ini. Ini adalah termasuk titik lengah juga yang besar bapak ibu sekalian,” ujarnya.

Untuk itu, kata Reisa, masih banyak kaum lansia yang harus dipersuasi untuk ikut program vaksinasi. Sebab kondisi ini dinilai dapat menjadi titik lengah penularan kasus baru.

“Apabila di ruang publik masih banyak yang belum divaksinasi, risiko tertular Covid-19 masih tetap tinggi. Jadi kita punya dua pilihan wajib saat ini, bantu gencarkan vaksinasi lansia, kelompok rentan dan anak sambil tetap bermasker dan jaga jarak,” tegasnya.

“Jangan lengah, karena hanya penyesalan yang akan kita dapatkan,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *