Health

Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan

GAYATREND.com – Daun pegagan bukan hanya tumbuhan liar biasa, tanaman yang memiliki nama latin centella asiatica ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia.

Pegagan adalah tanaman yang berasal dari wilayah tropis Asia dan banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Daun pegagan bisa mengatasi berbagai penyakit dan masalah kesehatan lain, seperti memperbaiki jaringan saraf akibat cedera tulang belakang, gangguan neuromuskuler, dan meningkatkan fungsi otak.

Dilansir dari Healthline, berikut ini 6 manfaat daun pegagan untuk kesehatan:

1. Meningkatkan fungsi kognitif

Sebuah studi pada tahun 2016 membandingkan efek ekstrak daun pegagan dengan asam folat dalam meningkatkan fungsi kognitif pasca stroke.

Daun pegagan memiliki manfaat yang sama dengan asam folat yakni meningkatkan fungsi kognitif. Akan tetapi, daun pegagan lebih efektif dalam meningkatkan domain memori.

2. Mengatasi penyakit Alzheimer

Manfaat daun pegagan selanjutnya adalah membantu mengatasi Alzheimer dengan cara meningkatkan daya ingat dan fungsi saraf.

Laporan sebuah studi pada tahun 2012 menunjukkan, ekstrak daun pegagan memiliki efek positif terhadap perilaku tikus dengan penyakit Alzheimer.

Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menjelaskan efektivitas daun pegagan mengobati Alzheimer, khususnya bagi manusia.

3. Mengurangi kecemasan dan stres

Daun pegagan juga bermanfaat untuk mengatasi kecemasan dan stres. Khasiat tersebut dibuktikan dalam sebuah studi terhadap hewan pada tahun 2016.

Dalam penelitian tersebut, daun pegagan memiliki efek anticemas pada mencit jantan yang kurang tidur selama 72 jam.

Sebuah ulasan terkait obat herbal untuk mengatasi kecemasan juga menyimpulkan, daun pegagan memiliki efek anticemas.

Walaupun demikian, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk membuktikan kesimpulan tersebut.

4. Berfungsi sebagai antidepresann

Manfaat daun pegagan umtuk fungsi otak adalah dapat berperan sebagai antidepresan yang efektif.

Sebuah ulasan pada tahun 2016 terhadap penelitian yang melibatkan 33 orang dengan gangguan kecemasan umum setuju dengan klaim tersebut.

Para peserta penelitian diminta mengonsumsi daun pegagan sebagai pengganti obat antidepresan selama 60 hari. Para peserta penelitian diminta mengonsumsi daun pegagan sebagai pengganti obat antidepresan selama 60 hari.

Hasilnya, para peserta pun melaporkan penurunan kecemasan, stres, dan depresi.

5. Mengatasi insomnia

Daun pegagan bermanfaat untuk mengatasi kecemasan, stres, dan depresi sehingga tanaman ini juga berkhasiat untuk mengatasi insomnia.

Terpenoid yang terdapat pada daun pegagan berpotensi mampu meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh.

Oleh sebab itu, daun pegagan dapat dimanfaatkan untuk mencegah terbentuknya stretch mark dan memudarkan bekas luka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *