Megapolitan

Pet Kingdom Peduli Hewan Peliharaan, Kembali Hadirkan ‘Care For Paw’ di Empat Kota

GAYATREND.com – Pet Kingdom, pusat perawatan dan kebutuhan hewan peliharaan terlengkap bagian dari Kawan Lama Group, untuk keempat kalinya melaksanakan kegiatan sosial tahunan CARE FOR PAW selama periode bulan September hingga Oktober 2021. Rangkaian acara Care for Paw dimulai dari kegiatan pengumpulan donasi makanan, Rabies Day atau hari pemberian vaksin rabies gratis, hingga Virtual Adoption Day atau hari mengadopsi hewan secara virtual. Tahun ini Pet Kingdom berhasil menyalurkan lebih dari 4,5 ton makanan anjing dan kucing dari pelanggan dan partner bisnis ke 14 animal shelter (rumah singgah hewan) di Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Bandung.

Yoana Vebrie, General Manager Pet Kingdom, menuturkan, “Kegiatan ini diadakan secara rutin untuk terus mengajak para pawrents [para pemilik hewan peliharaan] dan pawfriends [pecinta hewan] menyalurkan kepedulian kepada kesejahteraan para anabul [anak bulu/anjing dan kucing] yang ada di rumah penampungan hewan. Terlebih selama pandemi terdapat lonjakan jumlah hewan yang masuk ke shelter, baik karena ditelantarkan maupun diserahkan secara terpaksa oleh pemiliknya karena tuntutan ekonomi. Hal ini tentu saja sangat berpengaruh terhadap shelter-shelter rekanan kami. ”

Hal tersebut diamini oleh Davina Veronica Hariadi, model sekaligus pendiri yayasan pecinta hewan, Natha Satwa Nusantara, salah satu shelter penerima manfaat di Jakarta. Menurut Davina, “Selama pandemi shelter Natha Satwa Nusantara menghadapi berbagai permasalahan, mulai dari lonjakan jumlah hewan yang masuk namun dengan jumlah donasi yang menurun, hingga banyaknya calon OTA [Orang Tua Asuh] yang mengundurkan diri. Bahkan pada awal pandemi, kami sempat kewalahan karena uang kas menipis, dan hanya bisa untuk menghidupi shelter selama seminggu. Namun saat ini kondisi sudah mulai membaik, terlihat dari peningkatan jumlah adopsi di shelter kami selama beberapa bulan ke belakang.”

Selain Yayasan Natha Satwa Nusantara yang berlokasi di Jakarta, Pet Kingdom juga menyalurkan donasi makanan anjing dan kucing ke 13 shelter lainnya yang tersebar di empat kota. Mulai dari shelter di DKI Jakarta yaitu Yayasan Jakarta Animal Aid Network (JAAN), shelter Pak Johan, shelter Melati, Rumah Singgah Ting Ping Ping, shelter Pejaten, dan Maria Stray Home. Di Kota Bogor terdapat Rumah Kucing Parung, dan di Kota Bekasi terdapat dua shelter yaitu Rumah Kucing Abah Juna dan Asrama Kucing Bekasi. Sedangkan untuk Kota Bandung terdapat empat shelter yaitu shelter Give Dog Second Chance, Jullian Home’s Foster, Bandung Dog Guardian, dan shelter Lily Meilina.

Pet Kingdom juga mengadakan acara Virtual Adoption Day, yaitu acara daring yang menghubungkan para calon orang tua asuh (OTA) dengan pihak animal shelter. Tahun ini, acara Virtual Adoption Day diadakan pada tanggal 16 September 2021 dengan menggandeng shelter Melati. Dalam acara tersebut pihak shelter memperkenalkan 12 anjing kepada 43 calon OTA, untuk memberikan gambaran mengenai kondisi hewan-hewan yang ditampung. Selanjutnya pihak shelter Melati akan melakukan uji kelayakan OTA, sebelum proses adopsi anjing maupun kucing.

“Kami mengapresiasi langkah Pet Kingdom untuk mengadakan acara Virtual Adoption Day, karena melalui acara ini pihak shelter bisa meyakinkan para calon OTA secara langsung untuk tidak ragu mengadopsi anjing dan kucing yang datang dengan berbagai cerita sedihnya masing-masing. Karena walaupun sebagian besar hewan memiliki tampilan yang kurang menarik; mulai dari banyaknya jahitan maupun bekas luka, kaki pincang, hingga usianya yang sudah tua; sesungguhnya mereka terus menunggu untuk berada di dalam dekapan keluarga,” tambah Davina.

Acara selanjutnya adalah Rabies Day, yaitu hari pemberian vaksin rabies gratis kepada anjing dan kucing. Rabies Day tahun ini diadakan pada dua lokasi, yang pertama diadakan di Pet Kingdom Living Plaza Jababeka pada 25 September, bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan (DPKP) dan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jabar V. Lokasi kedua terdapat di Pet Kingdom QBig BSD pada 2 Oktober, bekerjasama dengan DPKP Kabupaten Tangerang. Hingga tahun ini kegiatan Rabies Day berhasil memvaksinasi hingga 224 anjing dan kucing.

Selain ketiga acara rutin di atas, tahun ini Pet Kingdom juga mengadakan Dare to Care, yaitu berbagai tantangan bagi pawrents melalui media sosial untuk tetap aktif beraktivitas bersama anabul mereka sambil melakukan donasi. Dari total biaya pendaftaran peserta Dare to Care tahun ini, 50%nya dialokasikan untuk memberi produk-produk donasi untuk shelter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *