Health

Manfaat Makan Bawang Putih Hitam

GAYATREND.com – Black garlic alias bawang hitam termasuk makanan hasil fermentasi dari bawang putih dalam suhu dan kelembapan tertentu yang saat ini digemari.

Proses fermentasi ini turut mengubah kandungan nutrisi bawang putih, sehingga bawang hitam memiliki manfaat yang berbeda dan lebih beragam. Lalu, apa saja deretan manfaat dan khasiat bawang hitam atau black garlic untuk kesehatan. Dilansir dari hellosehat.com

Berdasarkan kandungan nutrisi nya berikut adalah ragam manfaat khasiat yang bisa di peroleh jika makan bawang putih hitam:

1. Mencegah penyakit kanker

Mengacu pada penelitian dalam jurnal Studies on Garlic, senyawa bioaktif dalam black garlic diketahui berpotensi mencegah dan membantu pengobatan kanker. Bawang ini dinilai memiliki manfaat bagi pasien kanker lambung, usus besar, paru-paru, hingga leukemia.

Senyawa bioaktif dalam black garlic bekerja melalui beberapa cara. Diantaranya dengan memicu kematian sel kanker, menghambat pertumbuhan dan penyebaran tumor, menghentikan siklus pertumbuhan sel, dan merangsang produksi protein khusus untuk membunuh sel kanker.

2. Menjaga kesehatan jantung

Efek antioksidan dan antiinflamasi dari senyawa bioaktif dalam bawang hitam juga memberi khasiat untuk menjaga kesehatan jantung.

Senyawa ini terbukti melindungi sel-sel pada sistem kardiovaskular serta mampu mampu menghambat produksi enzim dan protein yang memicu peradangan. Sama halnya dengan bawang putih, bawang hitam juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida tinggi dalam darah. Adapun hal ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Menjaga kesehatan otak

Manfaat lain yang tak terduga dari black garlic adalah menjaga kesehatan otak. Antioksidan di dalam black garlic dapat membantu mengurangi peradangan, yang merupakan efek zat aditif makanan (terutama monosodium glutamat) serta zat lainnya yang bersifat merusak.

Adapun efek tersebut dinilai berpotensi meningkatkan fungsi kognitif, termasuk daya ingat, serta melindungi otak dari berbagai penyakit yang terkait, seperti demensia, penyakit Alzheimer, dan penyakit Parkinso

4. Mengontrol kadar gula darah

Sama seperti khasiat bawang putih, senyawa antioksidan dalam bawang hasil fermentasi ini juga dapat membantu mengatur kadar gula darah. Pada jangka pendek, gula darah yang terkontrol bisa membantu mengurangi risiko diabetes.

5. Melindungi organ hati

Hati berperan penting dalam menetralisir racun dan merombak sel darah merah. Namun, fungsi hati dapat terganggu oleh infeksi, paparan obat-obatan, zat kimia, alkohol, dan suplemen yang berlebihan. Untuk melindungi hati dari gangguan tersebut, Anda dapat mengonsumsi black garlic.

Pasalnya, efek antioksidan dari jenis bawang ini dapat membantu mencegah kematian dan penumpukan lemak pada sel-sel hati serta melindungi sel-sel hati dari peradangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *