News Travel

Menjelang Nataru, Penumpang Luar Negeri Melonjak

GAYATREND.com – Kedatangan penumpang dari luar negeri melalui Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 melonjak tajam.

Komandan Satgas Udara Covid-19 Bandara Soetta, Kolonel Sus Agus Listiyono mengungkapkan, rata-rata pergerakan pesawat dalam satu hari mencapai 27 penerbangan di akhir pekan, dan untuk pergerakan penumpang bisa mencapai 4.000 orang. Padahal, sambung Agus, sebelumnya pergerakan penumpang hanya sekitar 2.000-3.000 per hari.

”Pada tanggal 5 Desember 2021 berjumlah 4.003 orang. Untuk tanggal 12 Desember 2021 berjumlah 4.248 orang, itu sekitar 27 penerbqngan. Rata-rata 25 penerbangan per hari,” ungkapnya, Rabu (15/12/2021).

Adapun penumpang asal luar negeri tersebut, lanjutnya, didominasi oleh WNI yang akan pulang ke kampung halamannya. Sementara untuk warga negara asing sebagian besar berasal dari Singapura, Turki dan Malaysia.

”Mereka (WNA, Red) dari Singapura dan Turki dan Malaysia, itu yang banyak. WNA 40 persen WNI 60 persen,” tutur Agus.

Selain kedatangan dari luar negeri, menurut Agus, Satgas Udara Bandara Soetta juga mencatat keberangkatan WNI ke luar negeri ikut meningkat.

Agus pun mengimbau agar masyarakat Indonesia menunda bepergian keluar negeri untuk mencegah penularan varian baru Covid-19 Omicron.

”Ada peningkatan keberangkatan, oleh karenanya kita mengantisipasi kepulangannya. Mohon kepada masyarakat semua apabila tidak ada kepentingan yang urgen untuk ke luar negeri agar ditahan dulu. Kita waspada varian baru,” tuntasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *