News Travel

Menparekraf: Target Kunjungan Wisman 2022 Hanya 1,8 juta

GAYATREND.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) tidak mengejar target angka tinggi untuk kunjungan wisatawan mancanegara datang ke Indonesia pada tahun 2022.

“Target wisatawan 2022 adalah 1,8 sampai dengan 3,6 juta,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di Jakarta, Seniin (27/12/2021).

Proyeksi yang disampaikan Menteri Sandiaga ini tentu jauh lebih rendah dari target kunjungan wisatawan asing (wisman) pada masa sebelum pandemi Covid-19.

Berbicara pada acara Jumpa Pers Akhir Tahun 2021 sore itu, Sandiaga Uno memulainya dengan ungkapan harapan masa depan yang jauh lebih cerah.

“Kita bicara mengenai kebangkitan ekonomi kita, kita bicara mengenai terbukanya lapangan kerja, kita bicara bagaimana kita mampu memberikan bantuan kepada sektor sektor yang paling membutuhkan secara adil, cepat dan merata yang menjadi bekal dari pada yang kita rasakan pada tahun 2021,” katanya.

Data data dari outlook parekraf 2022 menyebutkan bahwa kondisi pariwisata Indonesia selama 2021 telah lebih baik dibandingkan 2020. Nilai devisa pada 2022 bahkan diperkirakan akan naik.

“Nilai devisa pariwisata kita yang tadinya turun anjlok di 2020, kita perbaiki dan ada peningkatan di 2022 yang berangkat dari bagaimana di 2021 kita benahi,” kata Menteri Sandiaga.

“Kontribusi Produk Domestik Bruto atau PDB pariwisata juga sudah mulai stabil,” tambah Sandi.

Nilai ekspor pada ekonomi kreatif ikut mengalami perbaikan cukup signifikan dengan 21,28 miliar dolar.

“Jumlah wisata mancanegara ini yang selalu kita kejar. Tapi kali ini begitu kita melihat di angka 2020 di 4 juta, tahun ini diperkirakan 1,5 juta, kita fokuskan tahun depan 1,8 sampai 3,6 juta sebagai pariwisata berkualitas dan berkelanjutan,” ujarnya.

Pada sektor ekonomi kreatif, nilai tambah telah mencapai 1.236 triliun. Hal itu menurut Saniaga Uno membuat Indonesia kini berada di posisi tiga dunia setelah Amerika dengan Hollywood dan Korea dengan hiburan Kpop.

Dampak dari pertumbuhan itu juga makin memperluas jumlah lapangan kerja pada sektor pariwisata maupun ekonomi kreatif.

“Ini yang sangat membuat saya optimis tahun depan bahwa kita mampu menargetkan menciptakan 400 ribu lapangan kerja baru yang berkualitas di sektor pariwisata. Sementara di ekonomi kreatif akan tumbuh lebih dari 600 sampai 700 ribu lapangan kerja,” ujarnya.

Lapangan kerja pada ekonomi kreatif, menurut Menparekraf Sandiaga Uno banyak ditopang oleh tiga sektor unggulan, yakni kuliner, kriya, dan fashion. Selain itu, ada pula sektor lainnya yang diperkirakan akan ikut tumbuh. Seperti, aplikasi permainan, sektor televisi, dan radio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *