Health

Pfizer Akan Ajukan Izin Untuk Darurat Covid Anak Dibawah 5 Tahun

GAYATREND.com – Vaksin Pfizer akan mengajukan izin kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) untuk penggunaan darurat dua dosis kepada anak-anak berusia 6 bulan hingga 5 tahun.

Hal itu berdasarkan hasil uji klinis yang dilakukan Pfizer kepada anak-anak di bawah 5 tahun dengan dosis sepersepuluh dari suntikan orang dewasa dinilai meningkatkan kekebalan.

Perusahaan vaksin tersebut mengatakan bahwa pihaknya telah mengajukan aplikasi formal sebagai persyaratan dari FDA. Jika hal itu disetujui, Pfizer akan menjadi vaksin Covid-19 pertama untuk anak-anak.

Mengutip AFP, Rabu (2/2), FDA mengatakan akan mengadakan pertemuan pada 15 Februari, untuk mempertimbangkan permintaan Pfizer.

“Memiliki vaksin yang aman dan efektif yang tersedia untuk anak-anak dalam kelompok usia ini merupakan prioritas,” kata kepala sementara FDA Janet Woodcock.

Dalam beberapa minggu terakhir, dunia tengah menghadapi lonjakan Covid-19 diduga dampak dari varian omicron. WHO pun mendorong perusahaan untuk mempercepat produksi vaksin untuk mengatasi penyebaran Covid-19.

Untuk membatasi efek samping bagi kelompok usia muda ini, Pfizer memilih untuk secara signifikan mengurangi dosis vaksinnya, yaitu memilih hanya tiga mikrogram per dosis dibandingkan 30 mikrogram untuk mereka yang berusia di atas 12 tahun, dan 10 mikrogram untuk usia lima hingga 11 tahun.

Di satu sisi, Pfizer juga mempercepat produksi vaksin dosis ketiga untuk penerima orang dewasa.

“Yang ketiga akan diperlukan “untuk mencapai perlindungan tingkat tinggi terhadap varian saat ini dan potensi masa depan,” kata CEO Pfizer Albert Bourla dalam sebuah pernyataan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *