Lifestyle

Jangan Lewatkan Sarapan Pagi, Ini Dampaknya Bagi Kesehatan

GAYATREND.com – Sarapan atau makan pagi memang sering dianggap sepele. Banyak orang yang melewatkan sarapan entah karena sengaja ataupun karena tak punya waktu. Terkadang karena kesibukan aktifitas, kita melupakan sarapan pagi. Meninggalkan sarapan pagi tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Namun tahukah anda bahwa ada banyak dampak negatif bagi kesehatan tubuh jika kita meninggalkan sarapan pagi. Dikutip dari hallodok.com berikut 5 dampak negatif meninggalkan sarapan pagi:

1. Picu Berat Badan Berlebihan

Dampak buruk melewatkan sarapan pagi adalah memicu kenaikan berat badan. Orang yang melewatkan sarapan akan mempunyai rasa lapar yang berlebih, sehingga ia akan makan lebih banyak dari biasanya. Hal itulah yang memicu seseorang kelebihan berat badan.

2. Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung

Orang yang jarang sarapan pagi mempunyai resiko mengidap penyakit jantung lebih tinggi ketimbang orang yang terbiasa sarapan.

Menurut studi dari Universitas Harvard, pria yang melewatkan sarapan memiliki risiko 27 persen lebih besar terkena serangan jantung atau penyakit jantung.

3. Cepat Stress

Menurut study sebuah universitas di California Amerika Serikat, wanita yang melewatkan sarapan pagi memiliki kadar hormone koltisol (hormone stress) yang lebih tinggi daripaa wanita yang terbiasa sarapan pagi.

Study tersebut juga menyebutkan bahwa wanita yang jarang sarapan pagi memiliki tekanan darah yang lebih tinggi.

4. Hilang Konsentrasi

Orang yang tidak sarapan cenderung kurang produktif dan kurang konsentrasi, hal ini disebabkan karena otak tidak punya bahan bakar untuk berfikir.

Otak membutuhkan glukosa agar berfungsi optimal. Kehabisan glukosa atau penurunan gula darah memengaruhi fungsi kognitif.

5. Sebabkan Migrain

Kekurangan glukosa atau gula darah akan menyebabkan sakit kepala sebelah atau migrain. Hal ini disebabkan karena penurunan fungsi sel-sel otak akibat kekurangan bahan bakar.

Demikian dampak negative bila kita meninggalkan sarapan pagi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *