Health Megapolitan

Varian Omicron Lebih Cepat Menular Pada Anak

GAYATREND.com – Kasus infeksi varian Omicron terus melonjak di Indonesia, terutama pada anak-anak. Berdasarkan data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), kasus anak yang positif Covid-19 di Indonesia mencapai 7.990 per 7 Februari 2022.

Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr. Piprim Basarah Yanuarso, menjelaskan, Omicron pada anak lebih banyak menyerang saluran napas atas, dengan gejala infeksi ringan, seperti batuk, pilek, demam, dan gejala lain mirip flu biasa.

Meski gejala akibat infeksi varian Omicron diketahui lebih ringan daripada varian Corona lainnya, dr. Piprim menegaskan para orangtua untuk tidak menyepelekan risiko Covid-19 pada anak. Sebab di samping aspek gejala, varian Omicron diketahui menular dengan amat cepat dan berisiko menimbulkan komplikasi khususnya pada anak-anak sebagai kelompok rentan.

dr. Piprim menambahkan, langkah pertama orangtua yang mengetahui anaknya positif Covid-19 adalah tetap tenang.

“Kepanikan itu menutup akal sehat orangtua, karena kepanikan orangtua itu nular ke anak juga, karena kepanikan atau stress di era pandemi ini berdampak menurunkan imunitas tubuh,” kata dr Piprim kepada Radio MNC Trijaya dalam program Tijaya Hot Topic pagi, Selasa (15/2/2022).

Untuk melindungi anak dari Covid-19, dr. Piprim menyarankan para orangtua tidak membawa anak ke keramaian di tengah lonjakan kasus Covid-19, segera melengkapi vaksinasi Covid-19, ajak berolahraga, berjemur pada pagi hari, dan menjaga anak dari risiko muncul komorbiditas untuk mencegah komplikasi jika terpapar virus Corona, salah satunya adalah obesitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *