Megapolitan

H-6 Arus Mudik Lebaran Jalur Pantura Mulai Meningkat

GAYATREND.com – Arus mudik lebaran 2022 pada H-6, Selasa (26/4/2022) hari ini terpantau mulai meningkat.

Di jalur Pantura dan jalur tengah Kota Semarang, Jawa Tengah, pemudik yang mengendarai sepeda motor dengan plat nomor luar kota mulai melintas. Mereka sebagian besar melaju dari dari arah barat menuju ke timur maupun ke selatan. Begitu juga pengendara mobil pribadi.

Kendaraan yang lepas dari jalur pantura dan masuk jalur tengah menuju arah Purwodadi terpantau mulai ramai. Kendaraan berplat nomor luar kota mulai mewarnai arus lalu lintas di jalur tersebut.

Sempat terjadi kepadatan saat kendaraan melewati perlintasan kereta api pada pagi hari dekat Stasiun Brumbung perbatasan Semarang Mranggen Demak. Karena di situ ada kegiatan pedagang yang meluber sampai dekat rel kereta api.

Begitu juga di Jalan Setiabudi hingga Perintis Kemerdekaan Banyumanik Semarang yang menjadi jalur keluar Semarang menuju arah Solo dan Yogyakarta, arus kendaraan terpantau ramai lancar meski di beberapa titik harus melambat karena adanya persimpangan.

Kepadatan antara lain terjadi di persimpangan Jalan Setiabudi dengan jalur exit tol Srondol. Bertemunya arus kendaraan dari tol dan dari arah jalur tengah membuat lalu lintas padat. Di situ juga banyak warga yang menyeberang untuk berbelanja di salah satu supermarket. Akibatnya antrean kendaraan terpantau cukup lumayan. Sejauh ini meski padat masih bisa teratasi.

“Ya saya sudah memperkirakan di sini padat karena sudah beberapa kali mudik kan. Tapi kalau masih H-6 seperti sekarang kan nggak sampai macet panjang. Makanya saya pilih berangkat agak awal supaya tidak terjebak macet,” kata Kumoro, pemudik sepeda motor yang akan pulang ke Boyolali.

Diprediksi kepadatan lalu lintas mudik akan memuncak pada H-3 dan H-2. Polda Jawa Tengah sebelumnya sudah mengimbau agar pemudik bisa memanfaatkan jalur alternatif agar tidak terjebak macet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *