Health

Hindari ini Setelah Vaksin Booster

GAYATREND.com – Vaksin Covid-19 terbukti dapat membentengi diri dan mengurangi risiko penularan virus. Bagi Anda yang akan atau baru saja menerima vaksin Covid-19, ada sejumlah pantangan yang harus dihindari agar vaksin dapat bekerja dengan baik dan membentuk sistem pertahanan yang kuat di dalam tubuh.

Berikut beberapa pantangan setelah vaksin booster.

1. Begadang

Saat divaksinasi, tubuh bergantung pada respons imun untuk mengembangkan perlindungan. Karena itu, sangat dianjurkan agar orang yang baru divaksinasi tidur setidaknya selama 7-8 jam dan hindari begadang. Hal ini karena kurang tidur dapat mengakibatkan penurunan kekebalan, sementara tubuh membangun kembali mekanisme pertahanannya selama tidur.

Kurang tidur juga dapat memicu stres, yang selanjutnya menekan sistem kekebalan tubuh.

2. Minum alkohol dan merokok

Sangat disarankan untuk menghindari konsumsi tembakau dan alkohol karena dapat memperburuk efek samping vaksin.

Tak hanya itu, alkohol juga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh secara negatif dan ada kemungkinan respon imun terhadap vaksin mungkin tidak efektif jika ada alkohol yang berlebihan dalam tubuh. Hal yang sama berlaku juga untuk konsumsi tembakau.

3. Aktivitas fisik berat

Hindari aktivitas fisik yang berat setidaknya selama 2-3 hari setelah vaksinasi. Aktivitas fisik berat tidak disarankan karena tubuh Anda membutuhkan waktu untuk pulih dari efek samping vaksin.

4. Konsumsi makanan dan minuman manis berlebihan

Apa yang dikonsumsi berpengaruh terhadap soal kekebalan dan imun tubuh. Para ahli menyebut bahwa gula merupakan bahan makanan yang paling buruk terhadap sistem imun.

Gula menjadi pemicu munculnya lingkaran setan berupa resistensi insulin dan obesitas yang mendorong inflamasi dan merusak pembuluh darah. Kondisi ini menciptakan gangguan besar bagi sistem kekebalan dan membuka jalan bagi bakteri serta virus berbahaya untuk menyelinap melalui pertahanan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *