Uncategorized

Migrain Tidak Ada Kaitannya dengan Risiko Kanker

GAYATREND.com – Pada sebagian besar kanker, tidak ada hubungan antara migrain dan risiko kanker, menurut penelitian yang diterbitkan online 18 Januari di Headache: The Journal of Head and Face Pain.

Holly Elser, MD, Ph.D., dari Rumah Sakit University of Pennsylvania di Philadelphia, dan rekan melakukan studi kohort nasional menggunakan data yang dikumpulkan dari pendaftar berbasis populasi Denmark dari 1995 hingga 2017 untuk memeriksa risiko kanker di antara individu yang didiagnosis dengan migrain dibandingkan dengan populasi umum.

Sebanyak 72.826 pasien diidentifikasi dengan diagnosis migrain dari rumah sakit pertama kali, seperti dikutip dari Medical Xpress, Minggu (6/2/2022).

Para peneliti menemukan bahwa di antara individu dengan migrain, ada 3.090 kasus kanker yang diamati secara keseluruhan dibandingkan dengan 3.108 kasus yang diperkirakan (rasio insiden standar [SIR], 0,99; interval kepercayaan 95 persen, 0,96 hingga 1,03). Dari 1995 hingga 2017, insiden kumulatif dari semua kanker digabungkan adalah 9,47 persen di antara mereka yang didiagnosis migrain pertama kali. Untuk sebagian besar kanker, termasuk kanker terkait hormon, kanker terkait merokok, kanker hematologi, dan kanker terkait kekebalan, SIR konsisten tanpa hubungan yang signifikan.

SIR yang signifikan hanya terlihat pada kanker gastrointestinal (0,78; interval kepercayaan 95 persen, 0,70 hingga 0,87) dan kanker yang berasal dari neurologis (1,57; interval kepercayaan 95 persen, 1,40 hingga 1,76).

“Meskipun ada kemungkinan bahwa temuan ini mencerminkan perbedaan nyata dalam risiko kanker, dengan tidak adanya mekanisme biologis yang diketahui menghubungkan migrain dengan kanker ini, mereka lebih mungkin mencerminkan perbedaan dalam penggunaan obat, faktor risiko bersama, bias deteksi dengan peningkatan kemungkinan studi pencitraan pada pasien dengan migrain, atau kausalitas terbalik di mana kanker menyebabkan sakit kepala dengan fitur migrain,” jelas para penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *