Food And Beverage Health Lifestyle

Makan Daging Kambing Berlebihan Berbahaya Bagi Kesehatan

GAYATREND.com – Dalam perayaan Idul Adha, sajian olahan daging kambing dan sapi banyak dihidangkan. Kedua jenis daging merah ini memang selalu menjadi favorit banyak

Kandungan lemak pada daging kambing lemak di dalamnya cukup rendah daripada daging ayam dan daging sapi. Rendahnya kadar lemak jenuh dan kolesterol, ditambah kandungan zat besi dan protein yang tinggi, tidak heran bila daging kambing menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Terlepas dari manfaat yang didapatkan dari daging kambing, Perlu diketahui, ada beberapa bahaya yang diakibatkan jika mengonsumsi daging kambing secara berlebihan. Berikut diantaranya :

1. Hipertensi

Hipertensi atau biasa disebut tekanan darah tinggi, bisa terjadi bila mengkonsumsi daging kambing secara berlebihan.

Jika yang mempunyai riwayat penyakit hipertensi, maka sebaiknya hindari memakan daging kambing. Apalagi pada musim hari raya kurban seperti ini.

Daging merah pada daging kambing sangat berbahaya bagi penderita hipertensi. Karena daging kambing bisa menimbulkan efek termogenik yang seringkali dianggap sebagai tanda tekanan darah tinggi hipertensi.

2. Meningkatkan gejala asam lambung

Bagi yang memiliki gejala asam lambung, sebaiknya hindari mengkonsumsi daging kambing. Hal ini karena daging kambing sangat mudah memicu naiknya asam lambung pada tubuh.

Sebenarnya boleh saja mengonsumsi daging kambing, asal dengan menjaga porsinya dan mengolahnya secara tepat.

Jika tidak begitu, mengkonsumsi daging kambing bisa merugikan kesehatan tubuh.

3. Sembelit

Mengkonsumsi daging kambing juga bisa mengakibatkan sembelit. Hal ini karena daging kambing mempunyai kandungan lemak yang tinggi sehingga bisa memberikan efek yang buruk bagi orang.

Kandungan lemak yang terdapat pada daging kambing dapat menghambat kerja dari saluran pencernaan. Oleh karena itu, sebaiknya mengkonsumsi daging kambing sewajarnya saja.

4. Memicu kanker

Bila terlalu banyak makan daging kambing, akibat yang dihasilkan pertama adalah kanker. Memasak daging merah pada suhu tinggi, seperti digoreng atau dipanggang bisa berpengaruh terhadap peningkatan risiko kanker.

Itulah bahaya yang mungkin bisa terjadi bila memakan daging kambing secara berlebihan. Sebaiknya konsumsi dengan cara yang sehat dan sewajarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *