Health Lifestyle

Makanan Sehat Pengganti Nasi Putih

GAYATREND.com – Nasi merupakan salah satu bahan pokok yang tidak boleh terlewatkan untuk di konsumsi setiap harinya. Nasi adalah sumber karbohidrat yang serbaguna dan murah.

Namun, ada beberapa orang kemungkinan tidak bisa memakan nasi karena hal tertentu. Tetapi, tidak perlu khawatir karena anda juga bisa mencoba untuk menggantikan nasi dengan makanan sehat lainnya.

Misalnya anda menggantikan nasi dengan mengonsumsi kentang, ubi jalar, quinoa, dan oatmeal. Berikut ini beberapa rangkuman makanan pengganti nasi yang dikutip dari Halodoc, Kamis (22/9/2022).

1. Kentang

Kentang adalah sumber karbohidrat yang jusa sangat serbaguna dan terdapat banyak variasi olahan yang bisa dibuat dari kentang. Mulai dari merebus, memanggang, dan menggorengnya.

Selain kaya akan karbohidrat, kentang juga mengandung banyak nutrisi penting. Termasuk protein, kalium, folat, antioksidan, serat, vitamin B6, dan vitamin C.

2. Ubi Jalar

Ubi jalar juga merupakan makanan pengganti nasi yang tidak kalah menyehatkan. Umbi-umbian ini mengandung karbohidrat, zat gizi mikro, serat, dan mineral.

Serta antioksidan yang dapat membantu melindungi dari berbagai masalah kesehatan. Seporsi (100 gram) ubi jalar mentah mengandung 86 kalori, sekitar 1,6 gram protein, 20 gram karbohidrat, dan 3 gram serat total.

3. Quinoa

Meskipun memiliki rasa dan tekstur seperti biji-bijian setelah dimasak, quinoa termasuk makanan pengganti nasi. Keunggulannya, quinoa bebas gluten dan jauh lebih tinggi proteinnya daripada nasi.

Dalam seporsi (92 gram) quinoa matang, terkandung 4 gram protein. Ini adalah dua kali lipat dari jumlah yang ditemukan dalam seporsi nasi putih dengan takaran yang sama.

4. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan pengganti nasi yang telah lama dikenal menyehatkan. Selain mengenyangkan, kandungan serat dalam oatmeal sangat tinggi.

Oatmeal juga memiliki serat larut dan tidak larut untuk membantu pencernaan dan memiliki sifat anti-diabetes dan penurun kolesterol. Makanan ini juga sangat mudah diolah menjadi berbagai hidangan manis ataupun asin.

5. Barley

Barley adalah biji-bijian yang terkait erat dengan gandum dan gandum hitam. Tampilannya mirip dengan gandum dan memiliki tekstur kenyal dan rasa yang enak.

Jumlah kalori barley yang dimasak tidak jauh berbeda dengan nasi putih. Namun, barley mengandung sedikit lebih banyak protein dan serat. Selain itu, barley juga mengandung berbagai nutrisi, seperti niasin, zinc, dan selenium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *